Setelah sebelumnya versi terbaru AVG Free Edition 2012 dan Avast! Free Antivirus 6.0 telah dirilis, kini Avira juga tidak ketinggalan. Melalui situs resminya, tanggal 4 Oktober 2011 kemarin, versi baru Avira Antivirus 2012 telah dirilis dan versi ini hadir dengan tampilan dan beberapa fitur baru.
Berdasarkan test antivirus terbaru dari av-comparatives, Avira merupakan salah satu antivirus yang mempunyai deteksi virus (malware) yang tinggi. Selain AVG dan Avast, Avira juga merupakan salah satu yang menyediakan antivirus versi gratis dengan Avira Free Antivirus-nya.
Apa yang baru di Avira Antivirus 2012 ?
Melalui press rilisnya, Avira menjelaskan beberapa fitur baru di versi 2012 ini, antara lain :
  • Tampilan (user interface) baru, lebih rapi dan tampil modern. Opsi di atur berdasarkan fungsinya, dan otomatisasi ketika ada konflik waktu menginstall software. Proses installasi dipermudah, beberapa komponen di ubah namanya agar pengguna lebih mudah menggunakan tanpa harus membaca panduannya. Selain itu ada tambahan tombol sekali klik “Fix Problems” untuk memperbaiki berbagai masalah yang mungkin membahayakan pengguna komputer.
  • Smart Code, Avira telah meningkatkan kemampuan deteksi malware (virus) dengan mengecoh malware yang bersembunyi dari antivirus biasa, termasuk persembunyian yang lebih dalam di sistem operasi
  • Stronger Detection, Avira juga menawarkan deteksi yang lebih kuat seperti mampu berjalan tanpa banyak key di registry, pertahanan yang lebih baik dari virus baik dari pengrusakan atau penghapusan dan sebagainya
  • Untuk produk premium, peningkatan masalah dukungan pelanggan dengan menyediakan koneksi langsung dengan tenaga teknisnya.
Selain fitur tersebut, dengan mempertimbangkan bahwa menjalankan 2 software security (antivirus) dapat berefek negatif terhadap kestabilan dan performa komputer, deteksi otomatis dan penghapusan software yang tidak kompatibel ditambahkan di proses installasi Avira, tetapi dengan tetap menyertakan pilihan ke pengguna.

Melalui Forumnya, http://forum.avira.com, untuk pengguna Avira Free Antivirus 10 proses update ke versi 2012 baru tersedia mulai tanggal 13 Oktober 2012. Tetapi jika ingin segera menggunakan atau mengganti dengan Avira Free Antivirus 2012, bisa langsung download installer-nya melalui halaman download avira free antivirus 2012 dan setelah itu tinggal install, jika ada versi lama akan otomatis melakukan upgrade.
Untuk dapat menggunakan Avira Free Antivirus 2012, sistem operasi yang diperlukan minimal adalah Windows XP 32bit SP3 atau Windows XP 64bit SP2 atau Windows Server 2003 SP2. Sistem operasi dibawah versi tersebut tidak di dukung ( windows Vista dan 7 tentu didukung )

Promo Lisensi Gratis Avira Internet Security 2012

Melalui account facebooknya, Avira membuat tantangan dengan memberikan lisensi gratis produk terbarunya, Avira Internet Security 2012. Lamanya lisensi akan bergantung dengan banyaknya fans Facebook yang ikut dalam tantangan (undian) ini. Setiap 10.000 (sepuluh ribu) pendaftar, lisensinya akan diperpanjang 1 bulan.
Ketika artikel ini ditulis, sudah ada sekitar 114ribu pendaftar, sehingga lisensinya berlaku hampir 1 tahun. Semakin banyak pendaftar, lisensi ini akan berlaku lebih lama. Meskipun dikatakan Undian (sweepstakes), di keterangan Facebook-nya Avira mengatakan akan memberikan lisensi kepada semua pendaftar yang ikut setelah tanggal 17 Oktober melalui email.
Prize Details
Do you love Avira? Have you been wanting a brand new Avira Internet Security 2012 license? If so, then we have some good news! We’re going to give everyone who enters this sweepstakes a free Avira Internet Security 2012 license, but we need your help.The length of the licenses will depend on the amount of new fans that our page gains during this campaign. For every 10,000 new fans that join our community, we’ll add one month to the length of the licenses. In other words, if we gain 120,000 new fans during this campaign, then the Avira Internet Security 2012 license that everyone will win will last for one full year.
Caranya ? Kunjungi halaman Avira Sweeptakes, dan klik saja tombol Enter Sweeptakes, selanjutnya muncul informasi apakah facebook apps ini diperkenankan mengakses informasi profil kita, jika setuju klik saja Allow, selanjutnya tinggal mengisi Form isian seperti Nama, email dan tanggal lahir.
Tantangan Sweepstakes avira ini berlaku mulai 14 Semtember 2011 dan akan berakhir tanggal 17 Oktober 2011 @ 09:00 am (PDT), sehingga masih ada kesempatan untuk ikut serta.
Download Avira Free Antivirus 2012 versi exe avira_free_antivirus_en.exe ( 79 MB) atau versi zip avira_free_antivirus_en.zip (88 MB)