;

Anda Pengunjung Ke

Rabu, 19 Oktober 2011

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV)

Cara Membuat CV ato Curriculum Vitae yang juga di kenal Daftar Riwayat Hidup dalam melamar kerja sangat penting sekali karena CV ato Curriculum Vitae adalah biodata pribadi hingga karir sekolah dan pekerjaan yang dapat di jadikan referensi ato pertimbangan dalam melamar pekerjaan.

Dalam membuat CV ato curriculum vitae dan daftar riwayat hidup tentunya perlu lebih cermat dalam membuat cv karena dengan cv yang baik tentunya akan menyakinkan kepada pembacanya. Nah berikut ini tips yang harus diperhatikan dalam membuat CV/curriculum vitae ato daftar riwayat hidup :

1. Identitas (Data Pribadi)Cantumkan identitas anda dengan jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail (bila ada).Khusus untuk e-mail, sebaiknya anda memilikinya. Jika tidak memilikinya, anda dapat membuat alamat email di Gmail, Yahoo, atau Hotmail atau yang lainnya.2. PendidikanCantumkan pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal (pelatihan, kursus, dsb).3. KemampuanUraikan secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan, biasa bekerja menggunakan komputer, dsb-nya. Tentu saja kemampuan-kemampuan yang anda tulis/cantumkan tersebut harus benar-benar anda miliki. Jangan mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.4. Pengalaman kerjaCantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri posisi tersebut.Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau posisi) terakhir.5. Pengalaman Organisasi (bila ada)Cantumkan pengalaman organisasi yang relevan (sesuai atau berhubungan) dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 5 ini.6. Referensi Kerja (bila ada)Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).Penting : Dalam hal pencantuman nama orang yang akan dijadikan referensi, anda harus sangat yakin bahwa orang tersebut benar-benar mengetahui tentang anda serta akan memberikan informasi positif mengenai diri anda. Seandainya anda ragu-ragu bahwa orang tersebut akan memberikan informasi positif tentang anda, maka anda tidak perlu mencantumkan referensi kerja tersebut (lewati saja yang nomor 6 ini).7. Pengalaman lain yang menunjang (bila ada)Cantumkan pengalaman lain yang menunjang “promosi anda”. Dan sebaiknya yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar untuk posisi pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau juara bulutangkis, tentunya tidak relevan. Jadi bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 7 ini.Kertas, Huruf, Foto, Dokumen Pendukung1. Gunakan kertas putih polosCV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar). Sebaiknya jangan menggunakan form CV yang dijual di toko-toko.2. Diketik dengan huruf standar surat resmiCV jangan ditulis tangan, namun diketik. Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Arial atau Times New Roman.3. Foto terbaruLampirkan pas foto terbaru ukuran 3×4 atau 4×6. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (misalkan jas lengkap dengan dasi).4. Dokumen pendukungLampirkan dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang dituliskan dalam CV (resume), seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb (dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy).Agar dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak, sebaiknya anda menyeleksi/menyortir dokumen mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.Nah jika sudah paham mengenai tips cara membuat CV / curriculum vitae ato daftar riwayat hidup sesuai dengan di atas tentunya orang yang membacanya akan lebih senang. Berikut ini Contoh CV / Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup :
Curriculum Vitae
Nama : Florentina PutriJenis kelamin : PerempuanTempat, tanggal lahir : Probolinggo, 5 Agustus 1979Kewarganegaraan : IndonesiaStatus perkawinan : MenikahTinggi, berat badan : 165 cm, 53 kgKesehatan : Sangat BaikAgama : IslamAlamat lengkap : Perum Bojong Depok Baru 1, Blok ZT No.3, Cibinong 16913Telepon, HP : 021 - 87903802, HP = 0817 9854 203E-mail : putri.flo@gmail.comA. Pendidikan Formal1985 - 1991 : SD Gajahmada, Probolinggo1991 - 1994 : SMP Negeri 1, Probolinggo1994 - 1997 : SMU Negeri 1, Probolinggo1997 - 2001 : Program Sarjana (S-1) Akuntansi Universitas Pancasila, JakartaB. Pendidikan Non Formal1998 - 1999 : Kursus Komputer dan Internet di Puskom Gilland Ganesha, Jakarta1999 - 2002 : Kursus Bahasa Inggris di LBA Gilland Ganesha, Jakarta2004 - 2004 : Kursus Pajak (Brevet A & B) di FAIUP, JakartaC. Kemampuan 1. Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Journal Printing & Calculation, Ledger, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls, Project Data Updating, Teller, Salary Caldulation). 2. Sistem Perpajakan. 3. Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS Power Point, MS Access, MS Outlook). 4. Kemampuan Internet. D. Pengalaman Kerja Bekerja di PT. Flamboyan Bumi Singo, Cibinong Periode : Agustus 2001 - Juni 2011Status : Pegawai TetapPosisi : Staf Akuntansi dan PerpajakanE. Uraian singkat pekerjaan : - Mengontrol persediaan dan pembelian peralatan kantor. - Turut membantu pembuatan laporan keuangan perusahaan - Mengatur jadwal pertemuan bisnis, pertemuan internal, dan perjalanan bisnis. - Melakukan surat-menyurat bisnis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris (via internet maupun non internet). - Melakukan perhitungan pajak perusahaan. - Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok. - Turut membantu pelatihan pegawai baru. 

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

KOMENTAR ANDA

Blogroll

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Fajar Prio Pratomo